Dompu
,- Komisi Pemilihan Umum melaksanakan Sosialisasi Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pemilihan Bupati/Wakil Bupati (Pilbub) Tingkat Kabupaten Dompu.

Acara yang berlangsung diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dompu di Caffe La Berka Kelurahan Bali I Kecamatan Dompu, Kamis (04/04/24) sekitar pukul 14.00 Wita – Selesai.

Hadir di acara ini Bupati Dompu, H. Kader Jaelani, Anggota Forkompimda, Ketua Pengadilan Negeri Dompu, Komisioner KPU, Komisioner Bawaslu, Kepala Dinas Kesehatan, Camat, Kabag Prokopim Setda Dompu, Pengurus Partai Politik, dan Insan Pers (cetak dan elektronik).

Dalam amanatnya di acara yang berlangsung Bupati H. Kader Jaelani meminta penyelenggaraan pemilu dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan juga Bawaslu agar dalam melaksanakan tugas dan fungsinya secara adil.

“Saya meminta penyelenggara pemilihan umum dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya di Pilbub nantinya dapat bersikap adil kepala semua calon peserta”, katanya memberikan penegasan.

Menurut Bupati H. Kader Jaelani dengan bersikap adil KPU dan Bawaslu sebagai penyelenggara Pilbub akan dapat mengayomi semua peserta dan membuat kualitas demokrasi akan semakin berkualitas baik.

Menguatkan hal tersebut Bupati AKJ (sapaan akrab Bupati Dompu) dirinya sebagai kepala daerah berjanji tidak akan mengintervensi penyelenggaraan pemilihan bupati kepala daerah yang berlangsung nantinya.

“Dalam penyelenggaraan Pilbub nantinya sebagai kepala daerah saya tidak akan mengintervensi pelaksanaannya dan mempercayakan sepenuhnya penyelenggaraan agenda Pilbub yang berlangsung pada pihak penyelenggara”, janjinya.

Berikutnya Bupati AKJ menyampaikan tahun 2024 adalah momen politik yang sangat penting, karena penyelenggaraan pesta demokrasi terbesar dan secara serentak dalam tahun yang sama.

“Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD, DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota barusan usai dan dalam waktu dekat akan dilanjutkan dengan Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur, dan Pemilihan Bupati-Wakil Bupati, dan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota”, ujarnya.

Lanjut Bupati H. Kader Jaelani menyampaikan agenda yang berlangsung bukan pekerjaan yang mudah. Agenda demokrasi berikutnya menjadi pekerjaan besar yang sangat menentukan masa depan bangsa dan masa depan negara dengan melibatkan jumlah pemilih yang sangat besar.

Pengalaman yang dimiliki dalam penyelenggaraan pemilu-pemilu sebelumnya, Kabupaten Dompu memiliki bekal pengetahuan yang cukup untuk mempersiapkan pemilu 2024 agar jauh lebih baik dibandingkan pemilu-pemilu sebelumnya.

Suksesnya penyelenggaraan pemilu 2024 tidak hanya menjadi tanggungjawab dari penyelenggara pemilu saja, dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), akan tetapi menjadi tanggungjawab bersama seluruh elemen masyarakat termasuk pemerintah dan juga masyarakat.

“Salah satu bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten Dompu dalam pelaksanaan Pilbub tahun 2024, telah dibentuk Tim Desk Pemilihan Umum Bupati dan Wakil Bupati. Urgensi dari Pembentukan Desk Pemilu yaitu membantu kelancaran pelaksanaan tugas, wewenang, dan kewajiban penyelenggaraan pemilu”, katanya memberi penjelasan.

Lainnya Bupati AKJ juga memberikan penjelasan bahwa bantuan dan fasilitasi yang diberikan terkait dengan penyelenggaraan Pilbub tentunya sudah sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku, sebagai antisipasi terjadinya hal-hal yang akan menghambat proses pentahapan pelaksanaan Pilbub serentak tahun 2024 sehingga berjalan sesuai dengan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil serta menekan, mengurangi, dan mencegah terjadinya pelanggaran-pelanggaran yang terjadi.

“Selaku kepala daerah saya mendorong secara aktif agar tahapan Pilbub yang dilaksanakan dalam waktu dekat dapat mencerminkan bahwa Kabupaten Dompu betul-betul siap melaksanakannya secara berkualitas dan bermartabat, tidak hanya dari sisi pelaksanaan namun juga kondusivitas daerah mampu terjaga dengan baik”, sebutnya.

Diakhir Bupati AKJ menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada jajaran Forkopimda terutama jajaran TNI/Polri dan seluruh pihak terkait, atas terjaganya kondusivitas daerah, keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

“Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan dalam kesempatan ini, melalui momentum ramadhan pada tahun ini hendaknya kita senantiasa dapat meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT. Mari bekerja sama dan sama bekerja memajukan Bumi Nggahi Rawi Pahu melalui Visi Dompu Mashur (Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius), tutupnya.

Sebelumnya Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dompu, Arif Rahman, dalam amanatnya meyakinkan para hadirin dan juga seluruh lapisan masyarakat bahwa dirinya bersama jajarannya siap menjadikan KPU sebagai penyelenggara Pemilihan Umum yang terpercaya dengan integritas yang tinggi.

“Dalam pelaksanaan Pilkada serentak nantinya KPU akan melaksanakan tugas dan fungsinya dengan penuh tanggungjawab, berintegritas tinggi tentunya akan patuh dan taat pada ketentuan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku”, terangnya. (TN).